Tanggal Hari Ini : 21 Sep 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Rubrik : Kiat Bisnis (Kursus Sablon Model On Job )
Kamis, 12 Mei 2011 22:00 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Bergelut dengan bisnis sablon kaos telah digeluti Heksa Agus lebih dari 3 tahun lalu. Keinginanya untuk berbagi pengetahuan dan peluang bisnis, membuat Agus, yang juga bos Margo Kaos Yogyakarta akhir Mei 2010 lalu membuka kegiatan  pelatihan sablon kaos manual dan jahit kaos oblong standart. Kegiatan tersebut diberi nama  MK Studio SPS.

Saat ini, produk hasil produksi Margo Kaos  telah tersebar luas diseantero Indonesia, yang dipasarkan secara online melalui  website www. sablonmanual.com,  www. indie-shirt.com, dan  www. kursussablon.com.

Karena aktifitasnya banyak yang melalui online  jangan heran kalau anda berkunjung ke workshop saya yang ada di Yogyakarta sampai dengan saat ini tidak ada papan nama.  Hingga artikel ini saya tulis,  antrian untuk pelatihan membangun usaha sablon kaos manual dan jahit kaos oblong standart  sudah antri hingga bulan Mei mendatang. Peserta terbanyak justru berasal dari luar Jawa, dan mendaftar melalui online.

Saya sangat yakin bahwa usaha dibidang pelatihan membangun usaha sablon kaos manual dan jahit kaos oblong standart akan sangat diterima oleh masyarakat luas dan pasti banyak peminatnya karena beberapa alasan.

Pertama,  saat saya akan membuka usaha ini saya telah menerima 3 buah permintaan resmi dari beberapa tempat yang berkeinginan untuk belajar tentang bisnis ini ditempat kami.

Kedua,  dengan bekal belajar dilebih dari 4 tempat kursus dan nyantrik dibeberapa tempat sablonan, saya merasa ada kebutuhan teman-teman yang ingin membangun usaha ini yang tidak disediakan dimanapun yaitu system pelatihan on job, dimana peserta diajak merasakan naik turunnya kondisi usaha secara riil, menghadapi tekanan saat kena deadline dan berbagai persoalan yang pasti akan dihadapi saat membangun usaha ini dalam pelatihan singkat selama 2 minggu full 7 jam sehari.

Ketiga,  dari hasil silaturahmi dan diskusi dengan pemain bisnis sejenis dibeberapa tempat ada satu cerita yang sangat mendorong saya untuk membuka usaha pelatihan ini, yaitu, kerugian yang tidak sedikit disaat mulai membangun usaha ini dikarenakan timbulnya kesalahan-kesalahan yang semestinya bisa diantisipasi jika ada tempat untuk bertanya, contoh sablonan rontok, pembuatan warna salah, mis-komunikasi soal bahan kaos, dll. Masalah-masalah ini hampir selalu dialami oleh pemain baru  di bisnis ini.

Keempat, fasilitas yang kami anggap cukup meskipun saat awal mulai usaha ini kami harus memulainya dari sini. Sebuah rumah tua yang kami kontrak untuk kami jadikan tempat belajar bersama dan mencoba mengatasi berbagai persoalan yang ada di dunia sablon kaos manual.

Dirumah tua ini saya dan teman-teman di MK Studio telah berhasil membantu 5 orang belajar membangun usaha sablon kaos manual dan 4 diantaranya usahanya telah berjalan baik saat ini, Alhamdulillah.

Apa saja yang dipelajari di MK Studio dan kenapa begitu menarik bagi peserta yang berkeinginan untuk menjalankan usaha dibidang sablon kaos manual. Secara umum materi pelatihan sablon dimanapun sama saja, tetapi ditempat kami materi tersebut kami berikan dalam bentuk praktek langsung dan studi kasus.

Tidak ada kelas ditempat kami kecuali saat belajar pisah warna untuk pembuatan film, cara pemasaran dan penghitungan HPP. Kami juga membantu peserta on job dalam membangun komunikasi dengan konsumen dan mencoba memahami keinginan konsumen melalui praktek langsung. Selain itu jaringan kerja juga menjadi salah satu hal yang paling diminati oleh kebanyakan peserta ditempat kami.

Saat ini MK Studio telah membantu 28 peserta yang ingin masuk ke bidang usaha sablon kaos manual, dan 22 diantaranya telah berhasil merealisasikan ide bisnisnya di bidang usaha sablon kaos manual. Disetiap angkatan kami membatasi jumlah peserta sebanyak 3 orang saja, hal ini dimaksudkan agar pelatihan bisa berjalan optimal dan tepat sasaran sesuai yang diharapkan.

Yang menarik lagi adalah dari 28 peserta yang sudah belajar bersama ditempat kami 50% diantaranya berasal dari luar jawa dan 7 peserta diantaranya berasal dari Kalimantan.

Saat ini Margo Kaos Grup telah pindah lokasi baru di daerah Kadipaten Kidul, Yogyakarta. Dan saat ini kami telah menambah jenis meja sablon yang digunakan untuk belajar dengan harapan peserta bisa leluasa memilih peralatan yang sesuai dengan keinginan mereka. Kami juga menambah referensi bahan sablon utama dan pendukung baik lokal maupun import agar wawasan peserta menjadi luas dan bisa memilih sesuai dengan segment yang akan dibidik. Untuk paket private dan all in peserta juga akan dibantu dalam belajar mengolah berbagai macam jenis desain yang datang dari konsumen dan kadang desain tersebut sangat sulit dikerjakan karena tekhnik desain yang sedikit kurang sesuai.

Sedikit masukan buat teman-teman yang saat ini ingin merintis usaha dibidang sablon kaos manual, jangan lupa untuk selalu mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang dunia sablon melalui media offline atau online. Perbanyaklah silaturahmi, berbagi informasi dan mencoba hal baru agar usaha anda cepat berkembang. Bergabunglah dengan komunitas-komunitas yang positif dan menunjang anda dalam belajar membangun usaha anda dari berbagai aspek.

Jika saat ini anda belum berminat untuk belajar bersama kami, anda bisa mengakses materi pelatihan kami secara gratis di www. sablonmanual.com. Kedepan kami berharap bisa hadir diseluruh kota besar di Indonesia, namun dalam waktu dekat kami berharap bisa membuka perwakilan di daerah Banjarmasin dan Makasar.

Jika ada teman-teman yang berminat menjadi mitra kami, silahkan untuk menghubungi kami dan membicarakan peluang ini, atau menghubungi telepon  0274- 9264303, 085878569944, email :  margokaos@yahoo.com.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari