Tanggal Hari Ini : 21 Sep 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Kerajinan Kulit Kerang Karya Anak Sekolahan yang Kian Cemerlang
Jumat, 21 Oktober 2011 10:28 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Mulanya hanyalah kotak tissue, tetapi kini disain-disain baru kerajinan dari kulit kerang kian beragam, diantaranya pembuatan kerajinan berupa lampu-lampu hias yang terlihat cantik dan mewah.

Lampu-lampu hias ini merupakan kerajinan yang dibuat dari perpaduan  lampu campuran fiber, kulit kerang dan resin. Mula-mula bentuk-bentuk lampu didisain dengan menggunakan bahan resin dan fiber kemudian dicetak sesuai disain yang diinginkan. Setelah jadi, bahan fiber dan resin kemudian dijemur hingga kering, setelah kering maka baru dihiasi kerang menggunakan lem tembak. Terakhir baru dipasang lampu dan kabel.

Lampu antik karya murid-murid SMA 79 ini kini mampu bersanding dengan karya hasil kerajinan komersial lainnya. Pesanannyapun mulai banyak berdatangan. Dalam satu bulan murid-murid SMA 79 Jakarta mampu menghasilkan 100 pcs disain lampu-lampu hias yang eksotik, juga piring-piring kerang, tempat tissue dan produk kerajinan dari bahan kulit kerang lainnya.  

Uniknya, produk-produk ini dibuat ramai-ramai oleh murid-murid SMA 79 Jakarta dengan suka cita. Bahkan kegiatan ini kini menjadi kegiatan ektra kurikuler bagi murid-murid SMA 79 Jakarta.

Dari modal awal sebesar Rp10 juta yang dibelanjakan untuk membeli peralatan dan bahan-bahan kerajinan, kini pihak sekolah sudah mampu meraup omzet total sebesar Rp50juta. Meski masih terkendala pemasaran, tetapi pihak sekolah yakin hasil kreasi murid-murid SMA 79 akan diminati banyak orang.

“Kami akan ikut pameran handicraft agar produk-produk kami dikenal masyarakat,” ujar Iswati yang juga bertugas sebagai penanggungjawab pengembangan produk dan pemasaran hasil karya murid-murid  SMA 79 ini

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari