Tanggal Hari Ini : 21 Sep 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
SHS, Nutrisi Jiwa, Potensi Bisnisnya Sangat Besar
Kamis, 05 Juni 2014 10:03 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Susu Haji Sehat (SHS), menurut Hj Naning merupakan minuman yang penting yang harus di bawa ke tanah suci sebagai nutrisi tambahan untuk meningkatkan stamina dan kesehatan.

Berbeda dengan merek susu jenis lain yang ada di mana-mana, SHS dibuat sangat khusus, sangat segmented dan memiliki brand yang sangat kuat sehingga mudah dipasarkan kepada para calon jamaah haji/umroh.

Menurut Hj Naning, ibadah haji/umroh bukan hanya bermakna ibadah spiritual biasa, tetapi mengandung domain ekonomi yang besar sekali.

“ Ibadah haji memiliki domain ekonomi yang lebih besar dari ibadah yang lain. Di sana ada transportasi, ada akomodasi, ada konsumsi, bermacam-macam jasa terlibat untuk mensupport ibadah ini. Dan merupakan ibadah yang melibatkan begitu banyak manusia untuk tujuan yang sama, yaitu mencari keridhaan Allah,”cetusnya.

Karena yang terlibat begitu banyak, maka Hj Naning melihat bahwa ibadah haji/umroh adalah sebuah asset. Kini bagaimana kita bangsa Indonesia melihat asset ini sebagai omzet. Jangan bangsa lain yang memanfaatkan asset bangsa yang besar ini.

Saat ini, jumlah jamaah hai Indonesia mencapai 220 ribu jamaah per tahun. Jumlah jamaah umrah mencapai lebih dari 1 juta per tahun. Jumlah sebesar ini adalah market yang harus diberdayakan secara ekonomi oleh pewirausaha Indonesia.

“Kami yakin produk kami diminati oleh para calon jamaah haji/umroh, karena hal ini penting bagi mereka,” ujarnya.

Keyakinan ini, lanjut Hj Naning didasarkan pada keyakinan mereka terhadap kesadaran masyarakat Indonesia mau melakukan persiapan haji/umroh lebih baik secara dini, bukan haji sego financial, rohaniah, tetapi juga kesiapan fisik dan kesehatan.

“Produk dan brand kami  bisa ngomong sendiri, memiliki karakter dan status identitas yang jelas. Jika ada pewirausaha yang mau berbisnis dengan kami, dengan menjadi distributor, agen atau reseller, tentu hal ini akan menguntungkan, karena SHS adalah produk yang memiliki pasar yang besar,” tambah Hj Naning.

Dra. Hj. Tunjung Sukmaningrum,  Susu Haji Sehat (SHS, Pekerja Keras, Berbisnis Susu Haji Sehat, Lulus kuliah dari IKIP Surabaya

Meski memiliki pasar yang jelas dan besar, Hj Naning mengingatkan bahwa persaingan bisnis saat ini sangat sengit sehingga semua orang harus dituntut kreatif dan inovatif. Meski brandnya bisa berbicara sendiri, memiliki emosional karakter yang baik, identitas yang jelas, mudah dijumpai dimana-mana,  namun jika distributor atau agennya tidak kreatif menjual dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat, maka hasil optimal sulit diwujudkan.

Pertarungan bisnis ini saat ini penuh risiko. Produk sehebat apapun jika tidak ada pasar yang jelas maka bisnis itu akan keok. SHS sangat segmented dan memiliki pasar yang jelas. Segingga banyak para distributor atau agen justru bukan dari kalangan muslim, mereka justru para pebisnis murni yang tahu peluang bisnis ini besar dengan latar belakang berbagai agama.  Malah, menurut Hj Naning, omzet-omzet terbesar justru datang dari mereka.

 Dra. Hj. Tunjung Sukmaningrum,  Susu Haji Sehat (SHS, Pekerja Keras, Berbisnis Susu Haji Sehat, Lulus kuliah dari IKIP Surabaya

Cinta Produk Lokal

Sebagai produk yang jelas dan memiliki pasar yang luas, SHS ternyata bukan hanya penting untuk calon jamaah haji/umroh untuk meningkatkan kesehatannya tetapi juga produk yang cocok untuk dikonsumsi sehari-hari.

Kami, lanjut Hj Naning, ingin meyakinkan masyarakat, agar masyarakat  mencintai produk lokal dengan bahan baku yang halal, yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

 “Saya sendiri tidak mau over claim, tidak mau mendewa-dewakan produk kami sendiri, tetapi bisnis yang kami bangun ini adalah bisnis jangka panjang yang dibangun dengan semangat serta visi membangun perusahaan berskala nasional dalam bidag teknologi pangan. Kami miris dengan penguasaan asing terhadap kebutuhan pangan kita. Kehadiran SHS ini adalah satu dari sekian ikhtiar kita agar Indonesia mandiri di bidang pangan. Itulah cikal bakal lahirnya PT Bangun Indonesia Sehat,” cetusnya.

Saat ini PT bangun Indonesia Sehat, yang dikomandani Hj Naning, bukan hanya bergerak dalam bidang produksi susu SHS, tetapi sudah merambah ke produk lain yang berbasis bahan baku dan produk lokal.

Ada 3 langkah yang akan terus dilakukan Hj naning untuk membangun pasar produk-produknya. Pertama, konsisten membangun brand yang kuat, konsisten mambangun pasar yang lebih luas,  dan konsisten berinovasi.

“Usaha kami sudah menginjak tahun ke -8 saat ini. Kami berkeyakinan bahwa tahun 2020 nanti produk kami akan menjadi market leader dalam penyediaan susu sehat, memiliki brand yang bagus, dan berbasis bahan baku lokal yang handal,” cetusnya.

Dra. Hj. Tunjung Sukmaningrum,  Susu Haji Sehat (SHS, Pekerja Keras, Berbisnis Susu Haji Sehat, Lulus kuliah dari IKIP Surabaya 

Nutrisi Jiwa  

Ketika ditanyakan kepada Hj Naning apa perbedaan khusus antara SHS dengan jenis susu lainnya yang ada di pasaran, ia merinci hal satu hal yang membuat SHS berbeda. SHS, lanjut Hj Naning, bukan sekedar minuman susu biasa. Colostrum yang ada didalamnya mampu membuat orang  mendapatkan kedamaian hati, memiliki harmoni, tidak gampang marah, dan hal ini menjadi pondasi dalam mendapat kesehatan prima dan berfikir positif.

“Saya sarankan jika ingin hidup lebih sehat dan lebih tenang mulailah hari ini mengkonsumsi SHS,” ujar Hj Nining.

 

Sugesti Lebih Sehat

Dalam setiap perjumpaan sesama para jamaah haji Indonesia di tanah suci, sering mereka saling berkabar tentang kabar mereka masing-masing.  Kini mereka kalau bertanya kepada lainnya, Assalamualaikum, apa kabar haji Indonesia? Jawaban yang diberikan oleh jamaah yang lain : Wa alaikum salam, kami haji sehat.

Jawaban ini tentu saja mensugesti sesama para jamaah haji/umroh untuk memberikan semangat dan saling menyemangati untuk melaksanakan rukun-rukun ibadah hingga selesai dengan baik. Semangat inilah yang membesarkan dan menguatkan mereka untuk menjalankan aktifitas fisik kegiatan haji dan umroh yang kadang melelahkan.

“Kami melihat nenek-nenek, sudah tua, namun tetap bersemangat menjalankan rukun haji dengan baik. Mereka dapat menjalankan hal itu karena ada semangat yang kuat dari dalam dirinya. Kehadiran produk kami pun demikian. Kami ingin memberikan sugesti yang besar kepada calon jamaah haji/umroh.  Kalau ingin sehat tidak ditentukan oleh dokter atau obat dari apotik. Sehat itu bisa dimulai dari diri kita sendiri. Sehat itu murah, yang mahal itu sakit. Karena itu minum SHS dapat mendorong hormon-hormon dalam tubuh yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan bermanfaat bagi kesehatan meningkat jumlahnya dan memberikan sugesti besar bagi kesehatan,” ujar Hj Naning.

 

Edukasi bagi Calon Jamah Haji/Umroh

Untuk memberikan edukasi bagi calon jamaah haji/umroh untuk mempersiapkan fisik dan kesehatan lebih dini, Hj Naning membentuk Yayasan Gema Hati, Gerakan Masyarakat Sehat Indonesia. Gema Hati melakukan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat,  mulai diri melakukan senam bersama secara rutin, membiasakan minum susu yang mengandung colostrums, seperti SHS ini, dan berbagai kegiatan lainnya.

“Gema Hati adalah CSR kami. Semua jamaah haji/umroh yang mau berangkat ke tanah suci  membutuhkan edukasi, kami melakukan edukasi itu,” ujarnya.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari