Tanggal Hari Ini : 21 Sep 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Multi Pembayaran Online Bayar Tagihan Serasa Mudah di Pegadaian
Senin, 09 Juni 2014 12:35 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Pemerintah telah memberlakukan UU No 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Meski UU tentang Pergadaian belum dibahas secara detail dan belum diundangkan, namun aroma persaingan bisnis jasa gadai sudah merebak kemana-mana.

PT Pegadaian kini bukan lagi pelaku tunggal yang bermain di bisnis jasa gadai. Bagi PT Pegadaian hal tersebut bukan merupakan halangan, justru menjadikannya tantangan. Direktur Utama Pegadaian, Suwhono, mengungkapkan kehadiran bisnis jasa gadai yang kini merebak dimana-mana tidak mengkhawatirkan Pegadaian.

”Pegadaian fokus dalam bisnis gadai, namun juga terus berinovasi mengembangkan produk jasa keuangan lainnya,” ujarnya.

Salah satu jasa yang terus dikembangkan oleh Pegadaian dengan serius adalah Multi Pembayaran Online (MPO). Selain memiliki sumberdaya manusia yang mumpuni untuk menjalankan bisnis ini, Pegadaian juga mempunyai tak kurang dari 5000 outlet yang merupakan chaneling bisnis yang sangat strategis. Sementara prospek bisnis MPO terus berkembang dan merupakan bisnis yang sangat menjanjikan.

Jasa MPO yang dimiliki Pegadaian merupakan layanan pembayaran berbagai tagihan bulanan seperti listrik, telepon, PDAM, pembelian pulsa handphone, dan lain-lain yang dibayarkan secara online di seluruh outlet Pegadaian. Jasa MPO ini memberikan solusi kemudahan bagi nasabah Pegadaian untuk bertransaksi tanpa harus emmiliki rekening di bank.

    

 Kreatif

Jasa MPO merupakan inovasi kreatif manajemen Pegadaian untuk menjawab tantantangan perubahan gaya hidup nasabah yang kian berkembang. Meski ada persaingan yang kian ketat di bisnis serupa, terutama yang sudah dijalankan oleh perbankan, namun Pegadaian memiliki keunggulan komparasi yang tidak dimiliki oleh pesaing. Salah satunya adalah outlet yang cukup banyak dan dekat dengan masyarakat.

Selain jumlah outlet yang tersebar luas dan jumlah yang banyak, Pegadaian juga memiliki nasabah yang tak kalah banyaknya. Tercatat tahun 2012 jumlah nasabah Pegadaian mencapai 25 juta orang, dan jumlah ini merupakan pasar potensial bagi Pegadaian. Selain itu Pegadaian juga memiliki jumlah pegawai yang relative sangat banyak, mencapai lebih dari 25.000 orang pegawai, dan jika digabungkan dengan keluarganya besar kemungkinan prospek pengguna jasa MPO dari internal saja mencapai lebih dari 100.000 orang, terlebih pangsa pasar eksternal kini tumbuh pesat luar biasa.

Dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 225 juta jiwa, dan kalangan menengah yang tumbuh mencapai lebih dari 60 juta orang, potensi bisnis jasa MPO Pegadaian masih sangat berpotensi untuk tumbuh lebih besar.

Namun yang lebih penting dengan jasa MPO di Pegadaian adalah kini nasabah serasa semakin mudah membayar berbagai tagihan pembayaran, terlebih outlet-outlet Pegadaian berada di lokasi strategis.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari